Jungle Trekking dengan lintah di Khao Sok

Diperbarui: 07/07/18 | 7 Juli 2018

Terletak di selatan Thailand, Taman Nasional Khao Sok selalu mengadakan imajinasi saya. Ini terus -menerus dinilai sebagai salah satu taman terbaik di Thailand, dengan trekking yang luar biasa, berkemah, batu kapur, sungai pendingin, dan danau yang indah. Pernah karena saya telah menyangkut Thailand, saya sudah mencoba mengunjungi Khao Sok, tetapi jalan membungkuk dengan cara yang misterius, dan karena satu atau lain alasan, saya tidak pernah bisa membuatnya.

Tapi kali ini, saya menggunakan teman -teman saya dan pekerjaan saya sebagai “pemandu wisata” sebagai alasan yang saya butuhkan untuk akhirnya mendorong diri saya ke taman ini. Dan saya senang saya melakukannya – saya pernah ke banyak taman nasional yang fantastis di Thailand, tetapi ini adalah salah satu yang terbaik.

Saya menghabiskan tiga hari dikelilingi oleh hutan lebat, hewan, dan udara pendingin. Sorotan perjalanan saya adalah perjalanan hutan sehari yang saya ambil. Dimulai di pagi hari (9:30), teman -teman saya dan saya bertemu pemandu kami, membeli tiket pintu masuk taman kami, dan pergi ke ujung taman. Alih -alih menggandakan kembali di jalur utama, kami akan menjelajahi jejak lain, mendaki 400 meter untuk melihat beberapa bunga besar, menuju air terjun, makan siang, dan kemudian berjalan kembali ke pintu masuk taman utama.

Semuanya tampak cukup mudah. Saya memvisualisasikan jejak yang sudah usang dan kenaikan hari yang agak berat. Kami melakukan 11 km di hutan, jadi itu tidak akan berjalan kue, tetapi saya tidak mengantisipasi bahwa perjalanan ini akan menjadi tantangan, terutama karena babak terakhir berada di jalan utama taman.

Saya salah.

Sangat salah.

Pendakian ini penuh tekanan, menantang, dipenuhi lintah, dan menggembirakan semua pada saat yang sama.

Ini dimulai cukup mudah – kami mendaki 400 meter untuk mengunjungi bunga parasit besar, yang melekat pada tanaman merambat, kemudian mengacak kehidupan dari mereka untuk tumbuh. Setelah sembilan bulan, mereka berkembang, menyemprot benih mereka di seluruh hutan, dan mati dalam waktu empat hari. Namun, saat mekar, bunga -bunga adalah pemandangan untuk dilihat.

Kenaikan ke atas tidak terlalu sulit. Jejaknya sudah usang dan memiliki pemandangan luar biasa untuk melihat hutan di sekitarnya, dan saya tidak berkeringat. Dalam perjalanan ke atas, kami melihat pasukan Gibbons melewati puncak pohon. Gibbons di Khao Sok jarang dilihat, jadi itu sangat menakjubkan, terutama karena saya suka monyet, meskipun mereka bergerak terlalu cepat untuk difoto. Pada saat saya mengklik kamera saya, mereka telah pindah, jadi alih -alih mengambil foto tanpa hasil, saya hanya melihatnya dalam kemuliaan mereka.

Ketika kami sampai di puncak, pemandu kami memberi tahu kami bahwa kami akan mendaki ke air terjun. Saya berasumsi dia menyiratkan bahwa kami akan menuju jejak lain.

Sekali lagi, saya salah.

Jejak kami telah terbuka di bagian atas air terjun dan pemandu kami menatap kami. “Oke, kita akan makan siang, tapi pertama -tama kita harus turun. Itu tidak akan menjadi masalah. Kami memiliki tali, dan saya pergi dulu. ”

Teman -teman saya dan saya saling memandang dengan ragu -ragu. Untuk sampai ke dasar air terjun, kami harus merangkul Indiana Jones batin kami untuk turun ke sisi. Seperti yang Anda ketahui, Heights membuat saya sangat tidak nyaman, dan saya memilih untuk turun terakhir ketika saya bekerja dengan keberanian untuk tidak pernah melihat ke bawah.

Namun, kami tidak menghadapi terlalu banyak drop-off curam, dan segera saya berlomba-lomba untuk memimpin. Kami akan menurunkan tali. Ketika tidak ada tali untuk membimbing kami, kami meningkatkan sisi berbatu air terjun, berpegangan pada tanaman merambat saat kami berjalan ke pangkalan.

Tapi air terjun bukan yang terburuk. Setelah makan siang, kami harus mendaki hilir, mengikuti sungai, yang terdengar sangat sederhana. Berjalan di sepanjang dasar sungai biasanya bukanlah tantangan, tetapi tidak di sini. Tidak ada jalan setapak atau jalan yang mudah. Dalam beberapa kasus kami harus berjalan di atas batu besar yang basah, memanjat tanggul yang sempit, atau meningkatkan tanaman merambat lagi ketika sungai menjadi tidak bisa dilewati.

Dan lintah hanya memperburuknya. Pada saat saya berjalan keluar dari Khao Sok, saya telah mengambil tujuh lintah dari kaki saya, dan beberapa bahkan menemukan jalan mereka ke lengan saya. Untungnya, tidak seperti lintah di Thailand utara, banyak dari lintah ini yang kecil dan mudah untuk turun. Sayangnya, teman saya tidak menyadarinya sampai akhir, yang saat itu telah memperbesar begitu banyak, itu meninggalkan bekas luka di kakinya.

Setelah sungai dan penghapusan lintah berikutnya (isyarat lelucon akuatik hidup), kami berada di peregangan rumah – sekarang berjalan mudah melalui hutan bambu kembali ke pintu masuk taman. Dalam perjalanan keluar dari taman, kami diberi perpisahan oleh pasukan monyet lain. Ini bukan gibbons (saya lupa nama mereka yang tepat), tetapi mereka melompat -lompat untuk sementara waktu, bermain di pepohonan, dan memberi kami satu hal yang menarik untuk diingat.

Ketika semuanya dikatakan dan dilakukan, kenaikan kami telah berlangsung sedikit lebih dari delapan jam. Kembali di wisma saya, saya mandi paling panas dalam hidup saya, menggosok diri sendiri dengan bersih, dan pingsan di tempat tidur saya.

Meskipun melelahkan, perjalanan hutan ini adalah yang paling menarik dalam ingatan saya baru -baru ini. Saya meninggalkan Khao Sok dengan rasa mentah. Di sini kurangnya orang dan jalan setapak membiarkan Anda merasa seolah -olah Anda menjelajahi hutan untuk cemarawaktu st. Saya suka saat -saat ketika Anda bepergian yang membuat Anda merasa seolah -olah Anda telah menggali permata tersembunyi. Seolah -olah Anda telah menemukan di suatu tempat atau tempat yang sudah lama dilupakan oleh manusia. Itu mungkin tidak terjadi, tetapi rasa heran, petualangan, dan eksplorasi itulah yang mendorong saya dalam perjalanan saya.

Dan di Khao Sok, itu hanya saya, hutan, dan rasa petualangan itu.

Tapi saya bisa melakukannya tanpa lintah.

Logistik

Anda bisa sampai ke taman melalui Surant Thani atau Phuket. Banyak hotel akan menawarkan Anda transportasi pribadi untuk 2.000 baht, meskipun Anda dapat menyewa taksi dari Surant Thani dengan sekitar 1.700 baht dan dari Phuket seharga 2.800 baht. Jika Anda bersama sekelompok empat, ini bisa menjadi hal yang bagus karena jauh lebih cepat dan jauh lebih mudah.

Jika Anda naik bus umum, minibus adalah 240 baht sekali jalan dari kota Surant Thani dan 320 baht dari Phuket. Ini akan mengantar Anda di jalan utama menuju taman. Anda harus berjalan sepanjang jalan.

Biaya masuk taman adalah 300 baht.

Menyewa panduan dari salah satu operator perjalanan atau wisma (sangat disarankan karena kurangnya jalur yang ditandai) biaya 600 baht selama setengah hari dan 1.200 baht selama sehari penuh. Hiking malam adalah 600 baht untuk jam 6 sore sampai jam 9 malam.

Hanya ada satu ATM di kota.

Anda dapat menemukan wisma murah untuk 300 baht per malam dengan akomodasi yang sangat mendasar dan hujan dingin. Kamar menjadi lebih baik di sekitar 600 baht per malam dan mewah sekitar 1.400 baht per malam. Tenda tersedia untuk disewa dari 250 baht untuk 2 orang atau 300 baht untuk 4 orang. biaya aksesoris per orang; Bantal 10 baht, selimut 10 baht, kantong tidur 30 baht, lembar 20 baht.

Dapatkan panduan anggaran yang luas ke Thailand!

Buku panduan 350+ halaman saya yang komprehensif dibuat untuk pelancong anggaran seperti Anda! Itu memotong bulu yang ditemukan di buku panduan lain dan langsung ke informasi berguna yang Anda butuhkan untuk bepergian keliling Thailand. Anda akan menemukan rencana perjalanan yang disarankan, anggaran, cara untuk menghemat uang, di dalam dan di luar jalan untuk dilihat dan dilakukan, restoran yang tidak berurutan, pasar, bar, tips keselamatan, dan banyak lagi! Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut dan mendapatkan salinan Anda hari ini.

Pesan perjalanan Anda ke Taman Nasional Khao Sok: Saran Logistik dan Trik
Pesan penerbangan Anda
Gunakan Skyscanner atau Momondo untuk menemukan penerbangan murah. Mereka adalah dua mesin pencari favorit saya karena mereka mencari situs dan maskapai penerbangan di seluruh dunia sehingga Anda selalu tahu tidak ada batu yang terlewat. Mulailah dengan Skyscanner terlebih dahulu karena mereka memiliki jangkauan yang paling signifikan!

Pesan akomodasi Anda
Anda dapat memesan hostel Anda dengan HostelWorld karena mereka memiliki inventaris dan penawaran terbaik yang paling signifikan. Jika Anda ingin tinggal di tempat lain selain sebuah asrama, gunakan Booking.com karena mereka secara konsisten mengembalikan harga yang paling terjangkau untuk wisma dan hotel murah.

Jangan lupa asuransi perjalanan
Asuransi perjalanan akan melindungi Anda dari penyakit, cedera, pencurian, dan pembatalan. Ini perlindungan yang luas jika terjadi kesalahan. Saya tidak pernah melakukan perjalanan tanpa itu karena saya harus menggunakannya berkali -kali di masa lalu. Perusahaan favorit saya yang menawarkan layanan dan nilai terbaik adalah:

Sayap Safety (untuk semua orang di bawah 70)

Pastikan perjalanan saya (untuk mereka yang berusia di atas 70)

Medjet (untuk cakupan repatriasi tambahan)

Mencari perusahaan terbaik untuk menghemat uang?
Lihat halaman sumber daya saya untuk perusahaan terbaik untuk digunakan saat bepergian. Saya mendaftar semua yang saya gunakan untuk menghemat uang saat saya berada di jalan. Mereka akan menghemat uang Anda saat Anda bepergian juga.

Ingin lebih banyak informasi tentang Thailand?
Pastikan untuk mengunjungi panduan tujuan kami yang kuat di Thailand untuk tips perencanaan yang lebih banyak lagi!